Secure Deletion

Tahukah Anda, file yang Anda hapus dari recycle bin sesungguhnya tidak terhapus dari komputer Anda melainkan cuma dikompres dan diletakkan di folder khusus??

Jika tahu, berhenti membaca.

Jika tidak, silahkan lanjutkan.

Pada dasarnya, di setiap drive, terbentuk folder untuk menampung file yang sudah dihapus dari recycle bin yang bernama RECYCLER.
Dengan menggunakan tools 7-Zip (atau tools lainnya) kita bisa melihat kemana larinya file kita setelah dihapus dari recycle bin.

Apa yang ingin saya sampaikan disini adalah bahwa sesungguhnya tidak aman bagi Anda jika menghapus file yang sifatnya rahasia dengan cara biasa.
Dengan software Undelete yang banyak tersedia di internet atau dengan TuneUp Undelete bawaan TuneUp Utilities, file Anda bisa di-recover.

Jika ingin menghapus file rahasia, hapuslah menggunakan software shredder seperti yang disertakan TuneUp Utilities. Dijamin file Anda akan tetap terjaga kerahasaiannya.
Jika TuneUp Utilities sudah terinstall di komputer Anda, maka dengan mengklik kanan file yang akan dihapus sudah muncul pilihan TuneUp Shredder.
Disana tersedia 3 pilihan metode untuk menghapus: (1) Fast Delete, (2) Secure delete in accordance with DOD 5220.22 (3) Secure delete, Gutmann method.

Related Posts by Categories


 

0 Responses to Secure Deletion